Kamis, 23 Februari 2012

MATERI TIK KELAS X


semester ganjil

A. Mengaktifkan dan Mematikan Komputer Dengan Prosedur Yang Benar

1. Prosedur Mengaktifkan Komputer

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengaktifkan komputer apabila menggunakan sistem operasi Microsoft Windows adalah sebagai berikut :

a. Pastikan semua kabel power di komputer sudah terhubung dengan jaringan listrik.
b. Hidupkan CPU dengan menekan tombol on di casing.
c. Hidupkan monitor dengan menekan tombol on di monitor.
d. Tunggu sampai prosedur booting selesai yang ditandai dengan tampilnya gambar desktop di layar monitor.

2. Prosedur Mematikan Komputer
Cara mematikan komputer apabila menggunakan sistem operasi Microsoft adalah menggunakan prosedur shut down. Prosedur shut down merupakan prosedur untuk memutuskan segala perangkat keras yang sedang aktif di CPU yang dikoordinasikan oleh sistem opersasi (Microsoft Windows). Berikut ini adalah prosedur shut down pada Microsoft Windows XP:
a. Tutup semua program aplikasi yang masih aktif.
b. Klik tombol Start dengan mouse di destop menu.
c. Klik tombol Turn Off Computer
d. Klik Turn Off di kotak dialog Turn Off Computer.
e. Tunggulah beberapa saat sampai komputer mati sendiri.


B. Menggunakan Perangkat Lunak Program Aplikasi

Komputer tidak hanya memerlukan perangkat lunak sistem operasi seperti Windows 98SE, Windows 2000, Windows XP atau Linux saja, tetapi juga perangkat lunak sistem aplikasi komputer. Secara garis besar, program aplikasi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut:

1. Program pengolah kata (Word Processor). Contohnya Notepad, WordPad, Microsoft Word, Word Perfect, dan Star Office. Program ini digunakan untuk membuat dokumen berupa tulisan, surat, brosur atau dokumen lainnya.
2. Program pengolah angka. Contohnya Lotus 123, Microsoft Excel. Program ini sangat berguna untuk melakukan perhitungan seperti pembukuan di kantor.
3. Program pengolah grafis, digunakan untuk mengolah grafis, membuat rancangan grafis, mengolah/pengeditan photo dan lain-lain. Program ini Contohnya Adobe Photoshop, Corel Draw, Microsoft Paint, dan lain-lain.
4. Program pengolah database, digunakan untuk merancang database. Contohnya Microsoft Access atau Foxbase,MySQI, dan SQIServer.
5. Program Presentasi. Program ini digunakan untuk membuat presentasi. Contohnya Microsoft PowerPoint.


C. Ketentuan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

1. Menerapkan Aturan Etika dan Moral dalam Menggunakan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak TIK

Seseorang atau perusahaan yang membuat produk baru dapat mendaftarkan hasil ciptaan produknya ke instansi pemerintah yang berwenang atau badan hak paten dunia. Hal tersebut dilakukan agar produk barunya tidak bias ditiru, dipalsukan, ataupun digandakan oleh seorang ataupun perusahaan lain.
Dalam dunia teknologi dan informasi khususnya computer, hak paen terhadap merek dagang jga diberlakukan. Merek-merek dagang yang telah mendapat hak paten akan mendapatkan kekuatan hukum, sehingga produk ciptannya tidak bisa dipakai orang atau perusahaan lain tanpa seijin pemilik hak cipta/paten. Apabila seseorang atau peusahaan ingin memakai produk tersebut, maka harus membeli ke pemilik hak paten.
Beberapa contoh hak cipta perangkat lunak yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan besar pembuat perangkat lunak antara lain sebagai berikut.
• Microsoft Corp. Mengeluarkan produk software system operasi Microsoft Windows, MS DOS, software aplikasi Microsoft Office, dan lain-lain.
• Adobe Corp. Mengeluarkan software aplikasi Adobe Photoshop, Adobe PageMaker, Adobe ImageReady dan software utility Adobe Acrobat Reader, dan lain-lain.
• Corel Corp. Mengeluarkan software aplikasi CorelDraw, WordPerpect, dan lain-lain.
• Winzip Computing Corp. Mengeluarkan program utility Winzip, dan lain-lain.
• Xing Technolgy Corp. Mengeluarkan program multimedia XingMPEG Player, dan lain-lain.
• Norton Corp. Mengeluarkan produk antivirus Norton, dan lain-lain.
Usaha untuk menghasilkan ide atau gagasan hingga mewjudkannya menjadi suatu produk, tentulah tidak mudah. Perlu banak pengorbanan baik materi, wakt, pikiran, maupun tenaga. Oleh karena itu, merupakan kewajiban bagi kita bagi kita untuk menghargai hasil karya orang lain, khususnya perangka lunak komputer.
• Tidak membajak, menyalin atau menggandakan tanpa seijin pemilik hak paten.
• Tidak mengubah, mengurangi atau menambah hasil karya orang lain.
• Tidak menggunakan perangkat lunak untuk suatu kejahatan.
• Menggunakan perangkat lunak yang asli.

2. Menerapkan prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak TIK.

Semua pekerjaan baik di perusahaan, kantor, bengkel, mapun di luar ruangan seperi di jalan raya mengutamakan fakor kesehatan dan keselamatan kerja (K3), karena hal tersebut ikut menentukan sukses tidaknya suatu pekerjaan. Oleh karena itu, di setiap unit kerja biasanya terdapat departemen yang mengurusi kesehatan dan keselamatan kerja karyawannya.
Saat kita menggunakan komputer, apalagi bekerja memakai computer seharian penuh, tent sangat melelahkan. Meskipn hanya duduk dan mengoperasikan computer, namun pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan kerja jga diperlukan. Ketahanan seseorang di depan computer dipengaruhi oleh banyak hal, antara lain: Pengatuan posisi duduk yang benar, pengaturan cahaya, dan pengaturan jarak pandang antara pengguna dengan monitor.

3. Menghargai Haka Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Dalam TIK
Pemerintah Indonesia berupaya untuk melindungi hasil karya cipta seseorang atau perusahaan dari pemalsuan, penggandaan, menyiarkan, memamerkan, dan pengedarannya. Oleh karena itu, pemerintah Republik Indonesia telah membuat undang-undang perlondungan tentang Hak Cipta dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), yaitu Undang-undang No. 19 tahun 2002 tentang pelindungan Hak Cipta dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) yang memebrikan sanksi terhadap pelanggaran tersebut. Berikut ini adalh kutipan tentang ketentuan pidana dalam hal pelanggaran hak cipta yang diatur dan ditetapkan berdasarkan Undang-undang No. 19 yahun 2002 (pasal 72, Ayat: 1,2, dan 3).
1. Barang siapa dengan sengajadan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam pasal ayat (1) atau pasal 49 ayat (1) dan ayat (2) dipidana denan penjara masing-masing sedikit 1 (satu) bulan dan/atau denda paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau dendan paling banyak Rp 5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).
2. Barang siapa dengan sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran hak cipta atau hak terkait sebagaimana di maksud pada ayat (1) dipidana dengan pidana paling lama 5 (lima) tahun dan/ atau denda paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
3. Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu program computer dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/ atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Dari hal tersebut diatas, jika mengutip atau mengopi hasil karya orang Lain maka diwajibkan untuk minta ijin kepada pemegang hak ciptanya. Adapun cara yang perlu dilakukan tentu tidak harus datang keperusahaan pembuat produk, namun cukup dengan membeli produk software asli yang sudah ada dipasaran. Hal tersebut dikarenakan izin atau lisensi dari perusahaan pembuat sudah terdapat di dalam produknya untuk digunakan secara bebas.

Sebetulnya untuk mengatasi masalah tersebut, kita bias mencari software yang freeware dab shareware artinya software tersebut dapat digunakan dan dikembangkan secara bebas tanpa harus minta ijin kepada pembuatnya. Di pasaran banyak terdapat software yang freeware, salah satunya program linux. Program linux sendiri terdiri dari beberapa macam system operasi seperti Redhat, Fodore Core, Mandrake, Suse, Knoppix, dan lain sebagainya.

Namun dalam kenyataannya, masyarakat sering mengabaikan hal tersebut. Kebanyakan masyarakat lebih sering menggunakan software tanpa ijin atau software bajakan. Maraknya pembajakan software oleh masyarakat disebabkan oleh faktor-faktor berikut.

1. Pendapatan masyarakat yang relatif kecil.
2. Tingkat pendidikan yang relatif masih rendah.
3. Harga ijin atau lisensi software yang relative mahal.
4. Control pemerintah yang tidak tegas.

Adanya undang-undang tersebut sebenarnya menunjukkan bahwa pemerintah menjamin dan melindungi setiap orang atau perusahaan untuk terus berkarya dengan tidak mengabaikan kepentingan masyarakat luas. Artinya, dalam undang-undang tersebut disebutkan bahwa pemegan hak cipta dapat memberikan ijin kepada pihak lain untuk memperbanyak ciptaannya guna kepentingan pendidikan, serta kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.
Komputer DNA Nyontek dari Makhluk Hidup.
Computer DNA berawal dari ide Leonard M. Adleman, seorang ilmuan computer yang bekerja di Univercity of Southern California. Computer dan DNA merupak dua istilah yang berbeda.


D. Melakukan Setting Periferal pada Sistem Operasi Komputer

1. Setting Monitor dalam Komputer

Menentukan konfigurasi monitor yang baik dan tepat akan membuat kinerja computer menjadi lebih optimal. Apabila tampilan monitor baik, hasil pekerjaan juga akan baik Terdapat beberapa macam konfigurasi yang dapat diatur, diantaranya adalah Themes, Desktop, Screen Saver, Appearance, dan setting. Untuk mengatur tampilan monitor, lakukan langkah-langkah berikut:
1. Klik Start
2. Klik Control Panel
3. Klik Display, kemudian tentukan menu tampilan yang akan diatur.
4. Aturlah tampilan monitor sesuai keperluan. Setelah selesai klik OK.

a. Setting untuk mengatur resolusi monitor serta kualitas warna.

Penyetingan monitor lainnya adalah pengaturan jumlah warna dan resolusi monitor sehingga tampilannya lebih baik. Jumlah warna merupakan banyaknya warna yang bisa ditampilkan monitor. Jumlah warna yang tersedia antar lain :
• 8 bit = 256 warna
• 16 bit { High color } = 65.536 warna
• 24 bit { True color } 16.777.236 warna
Sedangkan tampilan resolusi merupakan jumlah titik {pixel} yang ditembak elektron ke layar dalam bidang horizontal dan vertical. Semakin banyak titik yang terjadi layar berarti resolusi semakin tinggi sehingga tampilan yang dihasilkannya pun semakin tajam. Resolusi yang ada sekarang antar lain : 640 x 480 pixel, 600 x 800 pixel,dan 1280 x 1024 pixel.
Selain monitor juga da perangkat lain yang digunakn untuk menunjang kualitas gambar,yaitu
VGA card (kartu grafis). Dengan menggunakan VGA card yang bukan on board (ada di dalam motherboard), seperti berbasis AGP (Accelerated Graphics Port) atau PCI Express, resolusi yang dihasilkan menjadi lebih tinggi.
MELAKUKAN OPERASI DASAR KOMPUTER   A.  Fungsi dan jenis-jenis Port I/O (Input/Output) yang terdapat pada console/system unit.Port I/O merupakan Port atau Gerbang atau tempat dipasangnya conector dari peralatan I/O. Dimana setiap port I/O dibawah kontrol dari Processor. Jenis-jenis dari Port I/O adalah: 1. Port Paralel (LPT1 atau LPT2) Merupakan port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara parallel. Contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah : Printer, Scanner dll.  2. Port Serial (Com1, Com2 ) Merupakan port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah : Mouse, Modem , dll.  3. Port AT / PS2 Port ini umumnya digunakan untuk masukan dari Keyboard, Mouse.  4. USB Port USB Port (Universal Serial Bus ) Port merupakan Port Serial universal bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh Perlatan yang menggunakan USB port : USB Flash Disk, Camera Digital, Kabel Data Handphone, Card Reader dll 5. Port VGA Merupakan port yang berhubungan langsung dengan monitor. Port VGA didapatkan dari pemasangan VGA Card.  6. Port Audio Merupakan port yang berhubungan langsung dengan peralatan audio seperti Tape, Radio, Speaker, Microphone, dll.    Sumber: Kuliah Umum IlmuKomputer.Com, T utorial Merakit Komputer Oleh: Arif Irwansyah
  
B. Perangkat Keras Komputer (HARDWARE)             Berdasarkan kegunaannya, perangkat keras computer, digolongkan kedalam empat bagian utama, yaitu : 1.        Unit Masukan (Input)Adalah alat untuk memasukkan data ataupun program untuk diolah oleh computer sehingga menjadi sebuah informasi. Contohnya:KeyboardMouseScannerFloppy      Disk DriveCD-ROM      dan CD-RWDVD-ROM      dan DVD-RWVoice      Input 2.        Unit ProsesUnit Proses yang berada dalam computer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan pengatur suatu system yang mengolah data sehingga menghasilkan suatu informasi. Perangkat-perangkat alat proses beserta kelengkapannya yaitu:CasingPower      SupplyMotherboardProcessorMemoryVGA      CardI/O      CardSound      Card 3.        Unit Keluaran (Output)Adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan yang dilakukan oleh CPU. Contohnya :MonitorPrinterSpeaker 4.        Unit PenyimpananAdalah suatu media yang dapat menyimpan data secara permanen dalam jangka waktu panjang sehingga suatu saat data tersebut dapat diambil atau dibaca kembali. Contohnya :Hard      DiskDisket      (Floppy Disk) biasanya Kapasitas 1,2 MBUSB Flash        Drive (Flash Disk)Compact      Disk (CD) Kapasitasnya 700 MBDigital      Video Disk (DVD) Kapasitasnya 4 GB  Sumber: Mahir dan Terampil Berkomputer Grafindo Oleh: Lia Kuswayatno
 
 C. Spesifikasi KomputerSpesifikasi komputer biasanya memuat keterangan tentang komponen-komponen Hardware dan juga Sofware (Operating system) yang terdapat dalam komputer tersebut. Spesifikasi ini dapat kita ihat dan kita pastikan pada saat  tampilan awal komputer dihidupkan.Contoh seperti di bawah ini, Spesifikasi komputer yang yang terdapat dalam iklan di Surat kabar atau majalah.      CONTOH SPESIFIKASI   KOMPUTER   
   KETERANGAN     Intel   Pentium 4  3,2 GHz LGA 775   ←   Jenis, merek dan kapasitas Processor yang   digunakan     Motherboard   Intel   ←   Jenis dan merek Motherboard yang digunakan     HD   120 GB   ←   Kapasitas   Hard disk     DDR2   512 MB   ←   Jenis   dan Kapasitas Memory     DVD-RW   Double Layer   ←   Dilengkapi   dengan alat untuk membaca/memutar DVD dan juga dapat merekam data kedalam   keeping DVD     Monitor   LCD 15” Acer   ←   Jenis, merek dan Ukuran Monitor     Speaker   Simbada   ←   Jenis   Speaker     Dll..   
   
     Rp.   4.512.000,-   ←   Harga   jual    Rounded Rectangle: PR Carilah 1 buah iklan yang memuat Spesifikasi komputer (Seperti Contoh diatas) dari Media Cetak Baik Surat Kabar/Koran ataupun majalah. Gunting iklan tersebut dan tempelkan di buku PR. dikumpulkan minggu depan
D. Menggunakan perangkat lunak (sofware) Beberapa program aplikasi             Perangkat Lunak (Sofware) adalah jiwanya komputer yang mengendalikan semua yang dilakukan oleh Hardware. Dengan adanya sofware, berarti fungsi-fungsi hardware dapat digerakan/dijalankan. A.  Macam-macam perangkat lunak (Sofware) beserta fungsinya 1.    Sofware Sistem Operasi (Operating System)Sistem operasi adalah sebuah sistem yang diperlukan untuk dapat menjalankan semua aplikasi program / software yang ada di komputer. Sistem operasi berfungsi mengatur kerja komputer secara mendasar, seperti mengatur proses input/output, mengatur memori internal dan eksternal, mengatur pengkodean, Interpreter yaitu: Menterjemahkan perintah dari software aplikasi kedalam perintah yang di mengerti oleh computer, Configurasi Hardware yaitu: Mengenal peralatan pendukung komputer (pheriperal) dan Manajemen File yaitu: Pengolahan File (data dan program). Contohnya sistem operasi :MS DOS (Disk      Operating System) Produk dari IBM Corp dan Microsoft CorpSistem Operasi      UNIX produk dari AT&T Bell LaboratoryLINUXOS/2Windows Produk      dari Microsoft Corp. (windows 3.1.1, Windows 95, Windows 98, Windows 2000,      Windows ME/Milenium Edition, Windows XP/Experience dan yang terbaru      Windows Vista) 2.    Sofware Bahasa Pemograman (Language Sofware)Yaitu program yang digunakan untuk menterjemahkan intruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemograman kedalam bahasa mesin agar dimengerti oleh komputer. Contohnya:Fortran      (Formula translator), AssemblyBasic      (Beginner’s All Symbolic Interchange Code) Pascal/Turbo      PascalCOBOL      (Common Business Oriented Language)Bahasa CVisual BasicDelphie 3.    Sofware alat bantu (Utility Sofware)Merupakan sofware yang dibuat oleh perusahaan sofware (Sofware house) digunakan sebagai alat bantu (Utility) terhadap komputer. Contohnya:Norton UtilityLaplinkNorton      CommanderPartisi Magic
  
4.      Sofware aplikasi Yaitu perangkat lunak yang dibuat oleh perusahaan sofware (Sofware house) yang berguna untuk menyelesaikan pekerjaan yang sifatnya umum. Software Aplikasi ini dikelompokan berdasarkan fungsi atau  bidang pekerjaan yang dilakukan, Software aplikasi yang umum ada di pasaran  antara lain :a.      Perangkat lunak untuk Pengolah KataUmumnya digunakan untuk membuat suatu dokumen yang berhubungan dengan teks (Surat, Laporan dll) Contohnya :1.    Microsoft Word2.    Wordstar3.    Word Perfect4.    Chiwriter, dllb.      Perangkat lunak untuk Pengolah AngkaBerfungsi sebagai program penghitung suatu data (Data tabel/Spreadsheet) dan biasanya dilengkapi fitur-fitur pelengkap seperti grafik dan diagram. Contohnya:1.      Microsoft Excel2.      Lotus 1233.      Super Calc.4.      Stat Plus, dllc.       Perangkat Lunak Untuk Akses InternetSuatu program yang digunakan untuk menjelajah (Browsing) internet biasanya sering disebut dengan Browser. Contohnya:1.      Internet Explorer2.      Mozilla Firefox3.      Netscape Navigator4.      Opera, dlld.      Perangkat Lunak untuk Desain Grafis

SEMESTER GENAP

Mengenal Microsoft Word
Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat table pada dokumen, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word.
Sebelum memulai mengoperasikan Microsoft Word, ada baiknya jika kita mengenal beberapa istilah yang akan dipakai dalam paket latihan ini. Di antaranya adalah istilah Screen Layout (tampilan layar), Menu, dan Toolbar.
Screen Layout atau tampilan layar, sesuai dengan arti kata-kata penyusunnya, merupakan sebuah tampilan yang ditunjukkan komputer anda saat mengoperasikan program ini.